Ini Dia 10 Cara Sempurna Menikmati Liburan di Nusa Dua

Nusa Dua terkenal sebagai salah satu kawasan wisata elit di Bali. Terletak di kawasan bukit peninsula, Nusa Dua cocok menjadi tujuan wisata bagi mereka yang mencari tempat berlibur yang tenang, mewah dan aman. Kawasan yang kini lebih dikenal dengan sebutan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Nusa Dua, (Dulunya BTDC Nusa Dua), memang tergolong unik dan berbeda dibanding kawasan pariwisata di Bali lainnya. Perbedaannya terletak pada isolasi lokasi wisata yang terpisah dengan kawasan masyarakat lokal, dengan akses jalan raya yang lebih lebar dan terawat, serta area kebun dan tempat pejalan kaki yang tertata rapi.

Liburan di Nusa Dua

Liburan di Nusa Dua

Kurang lebih 40 kilometer dari Kota Denpasar, kawasan ITDC Nusa Dua juga sering menjadi destinasi istimewa konvensi internasional karena kelengkapan infrastrukturnya. Potensi wisatanya pun sangat menjanjikan, mulai dari puluhan pantai eksotis, restoran, bar, tempat rekreasi keluarga, dan pertokoan yang rata-rata bernilai fantastis. Dengan kekayaan wisatanya yang menarik dan perhatian serius dari pemerintah, Nusa Dua terbukti mampu menjawab kebutuhan liburan para wisatawan lokal maupun mancanegara secara ekslusif. Nah, bila Anda kebetulan punya rencana berlibur ke Nusa Dua, mungkin 10 trik berikut ini dapat membantu Anda. Selain mampu menunjukkan sisi-sisi terbaik dari Nusa Dua, aktivitas-aktivitas seru ini juga bisa memberikan kepuasan maksimal pada momen liburan Anda. Check this out!

1. Bermalam di Resort-Resort Mewah

Berbicara mengenai akomodasi, hanya yang mewah dan berkelas yang terdapat di kawasan ITDC Nusa Dua. Kawasan ini merupakan rumah dari hotel-hotel bintang lima dan resort-resort luar biasa yang mampu menyediakan secara mewah dan ekslusif fasilitas rekreasi dan bisnis secara menyeluruh. Anda tidak akan kesulitan mendapatkan akomodasi terbaik di sini, sebut saja The St. Regis Bali Resort, The Westin Resort Nusa Dua, Hilton Bali Resort, The Mulia Bali, The Laguna Resort and Spa Bali, dan masih banyak lagi. Hotel-hotel ini merupakan incaran utama para pengantin baru, keluarga besar, kalangan pebisnis dan bahkan tamu Negara. Telah banyak konferensi berskala internasional diselenggarakan di tempat-tempat ekslusif itu karena memang mereka memiliki fasilitas super lengkap dan teramat canggih.

Nusa Dua juga memiliki resort pantai yang fantastis dengan berbagai fasilitas mewah yang mungkin sesuai dengan kebutuhan liburan Anda. Di Hilton Bali Resort misalnya, salah satu resort pantai mewah di Nusa Dua ini terkenal dengan sebutan istana di atas bukit karena berada di tebing setinggi 40 meter di atas hamparan pasir putih yang menghadap laut. Kabar baiknya, resort pantai ini juga memiliki paket kunjungan khusus di mana Anda tetap bisa menikmati fasilitas berkelas tanpa harus menginap. Menarik, bukan? Meskipun Anda harus merogoh kocek yang lumayan, namun bermalam di salah satu resort terbaik di Nusa Dua Bali bisa menjadi pengalaman berlibur yang tak terlupakan.Wanna try?

2. Berwisata ke Pantai-Pantai Unik

Nusa Dua memiliki banyak pantai yang eksotis. Beberapa diantaranya tergolong unik sehingga menarik banyak minat wisatawan untuk mengunjunginya. Salah satunya adalah Pantai Pandawa. Pantai yang berlokasi di Selatan Bali, tepatnya di Desa Kutuh ini, memang belum sepopuler Kuta atau Dreamland, karena lokasinya yang tersembunyi di antara tebing-tebing kasar yang tinggi menjulang. Keunikan pantai ini terletak pada rute jalan masuknya yang seolah membelah dinding-dinding tebing kapur. Selain pantai putih dan laut biru, Pandawa juga unik karena adanya lima wajah Pandawa Lima, yakni Yudhistira, Bima, Arjuna, Nakula dan Sadewa yang dipahat pada tebing-tebing batu kapurnya. Berfotolah di tempat-tempat unik tersebut, niscaya akun Instagram Anda akan banjir pengikut.

Pantai unik lainnya di Nusa Dua untuk dikunjungi pada waktu liburan Anda adalah Pantai Water Blow. Liburan Anda akan sempurna bila sempat menyaksikan fenomena alam yang luar biasa di pantai yang berdekatan dengan Bali Collection dan Hotel Grand Hyatt ini. Water Blow sebenarnya terbentuk dari gelombang ombak Samudera Hindia berkecepatan tinggi yang menghantam celah sempit di antara batu karang hingga menghasilkan hempasan air yang tersembur ke atas. Sensasi menunggu ombak tinggi inilah yang menjadi daya tarik Water Blow dan membuat pengunjung rela menunggu sambil menikmati panorama laut lepas. Cukup unik, bukan?

3. Berpetualang ke Pantai-Pantai Tersembunyi

Satu lagi cara sempurna untuk menikmati liburan di Nusa Dua adalah dengan berpetualang ke pantai-pantai tersembunyi. Nusa Dua memiliki setidaknya dua pantai yang masih asri dan belum tersentuh hingar-bingar perkotaan. Pantai yang terletak di tepi selatan Pulau Bali, tepatnya di desa adat Peminge, Sawangan, Pantai Geger, adalah pilihan tepat bagi mereka yang menginginkan suasana tenang. Meskipun beberapa bagian pantai ini tersentuh oleh pembangunan pariwisata, namun sisi lain Pantai Geger tetap dibiarkan seperti apa adanya. Ini adalah sepotong surga kecil tersembunyi di kawasan Nusa Dua yang elit dengan laut biru dan pasir putihnya. Saat berkunjung ke pantai ini jangan lupa mampir ke pertanian rumput laut di sekitarnya ya. Anda bisa melihat langsung aktivitas petani rumput laut yang bisa menambah pengalaman liburan Anda.

Surga tersembunyi lainnya di Nusa Dua adalah Pantai Gunung Payung. Pantai yang berada di sebelah timur Pantai Pandawa, kurang lebih satu jam dari Denpasar ini menawarkan suasana yang tenang, pasir putih yang bertekstur lembut dan air laut yang bergradasi biru hijau yang memukau. Namun, bersiaplah, di sekitar kawasan pantai belum ada villa, hotel atau restoran, jadi Anda disarankan untuk membawa perbekalan. Anda juga harus melewati jalanan berkapur dan 300 anak tangga untuk mencapai bibir pantai. Meskipun penuh perjuangan, tapi pantai Gunung Payung bisa menambah daftar lokasi favorit Anda di Nusa Dua.

4. Bermain Watersport

Kawasan pariwisata Nusa Dua cukup dekat dengan tempat wisata Tanjung Benoa yang merupakan pusat dari aktivitas bahari di Pulau Dewata. Hanya menempuh perjalanan sekitar 15 menit, Anda sudah bisa menikmati beragam aktivitas water sport kekinian dari tempat terbaik di pulau ini. Di pesisir pantai Tanjung Benoa terdapat banyak penyedia atau perusahaan water sport dengan beragam aktivitas seperti, parasailing, jet ski, snorkeling, scuba diving, seawalking dan masih banyak lagi. Salah satu tips untuk mendapatkan harga terbaik saat Anda ingin melakukan aktivitas water sport adalah dengan cara memesan online. Perlu diingat bahwa setiap penyedia water sport menawarkan harga yang berbeda-beda meskipun permainannya sama, jadi memesan secara online dianggap jauh lebih praktis.

Bila Anda ingin mencoba permainan water sport yang lain daripada biasanya, mungkin flyboarding bisa menjadi jawabannya. Flyboarding adalah gabungan dari papan selancar dan motor jet ski, yang akan membuat Anda terlihat seperti superhero Hollywood, Iron Man. Anda akan mengenakan sepatu yang dipasang pada sebuah papan selancar, yang kemudian disambungkan dengan selang yang terhubung dengan motor. Karena tekanan air yang sangat tinggi, flyboarding bisa menerbangkan Anda sampai 15 meter ke udara. Kalau Anda sudah mahir melakukannya, aktivitas ini sangat memungkinkan Anda untuk melakukan gerakan akrobatik atau menyelam seperi lumba-lumba. Sangat seru, bukan?

5. Berkunjung ke Museum

Berlibur ke Nusa Dua tentu tidak akan seru kalau tidak mengunjungi museum. Apalagi satu-satunya museum yang berada di kawasan elit Nusa Dua Bali ini pernah mendapatkan penghargaan Wonderful Indonesia Award 2011 untuk kategori museum dari Mari Elka Pangestu selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif waktu itu dan mendapat predikat Traveller’s Choice 2013 yakni peringkat 2 dari 9 obyek wisata yang ada di kawasan Nusa Dua Bali. Yup, Museum Pasifika berlokasi di ITDC Area Blok P, di seberang Bali Collection, pusat jajan dan belanja di Nusa Dua.

Didirikan pada tahun 2006, koleksi seni utama dari Museum Pasifika berupa lukisan, patung, tekstil, dan benda-benda antik lainnya.  Terdapat sekitar kurang lebih 600 karya seni dari 200 seniman yang berasal dari Indonesia, Melanesia Pasifik dan Polinesia, Indochina Peninsula, dan beberapa Negara lain di Asia. Hebatnya, semua koleksi seni yang dipajang dalam 8 paviliun dan 11 ruangan di museum ini termasuk yang paling lengkap di dunia. Museum ini dibuka untuk umum setiap hari mulai dari pukul 10 pagi sampai 6 sore. Harga tiket masuknya sebesar 70 ribu untuk wisatawan asing dan 50 ribu untuk wisatawan domestik.

6. Berkeliling ke Tempat-Tempat Seru

Jalan-jalan ke tempat-tempat seru untuk mendapatkan pengalaman berlibur yang beda dari biasanya juga sangat direkomendasikan di Nusa Dua. Di sini Anda bahkan bisa menikmati berada di dalam pesawat tanpa harus ikut terbang, atau harus membeli tiket. Yup, perjalanan menemukan bangkai pesawat terbang di Nusa Dua ini memang sudah menjadi kegiatan yang populer di Bali. Bangkai Boeing 737 yang terdampar tidak jauh dari bibir pantai Pandawa ini banyak diburu oleh para wisatawan penggemar fotografi. Awalnya pesawat ini hendak direnovasi dan dijadikan restoran mewah. Namun, karena pembangunannya masih belum rampung, lokasinya yang berada di dasar tebing banyak dikunjungi para wisatawan untuk sekadar berfoto dengan latar belakang bangkai pesawat.

Siapa bilang Anda hanya bisa menemukan kapal bajak laut di Kepulauan Karibia? Bila Anda penggemar film Hollywood Pirates of The Caribbean, dan ingin merasakan petualangan layaknya kapten Jack Sparrow yang diperankan oleh Johnny Depp, The Pirates Bay Nusa Dua layak menjadi tujuan Anda. Spot unik yang biasa dijadikan tempat nongkrong dan makan ini memang bertema bajak laut, lengkap dengan replika kapal bajak laut, rumah pohon, menara pantau, sampai dapurnya para pembajak. Anda juga bisa mengikuti salah satu paket menarik yang ditawarkan, di mana Anda dapat menyewa dan mengenakan kostum bajak laut, serta turut ambil bagian dalam perburuan harta karun. Anda akan diberi peta dan harus memecahkan berbagai macam petunjuk yang ada di dalamnya. Kurang seru apalagi, coba?

7. Bersantai Sembari Menonton Pertunjukan Teater

Nusa Dua amat terkenal dengan Devdan Show-nya. Ini adalah pertunjukan teater yang sangat cocok untuk berbagai kalangan usia, terutama anak-anak, karena memberikan pengetahuan dan memperkenalkan budaya Nusantara Indonesia. Sejak diluncurkan pada tahun 2011, Devdan Show sudah mendapatkan penghargaan dari Indonesia Travel and Tourism Awards (ITTA) sebagai Indonesia Leading Tourism Show 2014/2015. Devdan Show akan membawa Anda dan keluarga dalam perjalanan luar biasa menjelajahi Bali, Sumatra, Jawa, Kalimantan, dan Papua.

Bertempat di kawasan ITDC Nusa Dua, petunjukan Devdan memadukan budaya lokal dengan tatanan lampu dan sentuhan tekhnologi terkini. Dalam durasi 90 menit, pertama-tama Anda akan dibuat kagum oleh tarian tradisional, lengkap dengan beragam efek, seperti asap, api, dan cahaya. Selain tarian kontemporer dan kostum yang memukau, atraksi akrobatik solo dan duo dengan koreografi yang luar biasa juga dipertontonkan di sini. Tempat pementasannya dapat menampung kurang lebih 700 penonton, dengan kenyamanan kelas internasional dan full AC. Devdan Show diadakan 4 kali seminggu, yakni setiap hari Senin, Rabu, Jumat dan Sabtu pukul 19.00 WITA.

8. Bersantap Siang dan Malam di Restoran Ternama

Berlibur ke Nusa Dua rasanya belum lengkap tanpa berwisata kuliner. Sebagai salah satu kawasan elit di Bali, Nusa Dua tidak hanya terkenal dengan pantainya yang menawan, tetapi juga beragam tempat makan, restoran, kafe dan bar yang menunya senantiasa membuat lidah bergoyang. Salah satu restoran terbaik di Nusa Dua yang terkenal dengan rasa masakannya yang otentik adalah Restoran Bumbu Bali. Restoran ini menawarkan citarasa tradisional Bali yang kaya rasa dan disajikan dengan tatanan yang menggugah selera. Restoran berarsitektur Bali ini berlokasi di Jalan Pratama, Tanjung Benoa, dan buka untuk sarapan, makan siang dan malam. Jangan lupa reservasi dulu ya!

Bila Anda hanya ingin sekadar menghabiskan waktu sore sambil ngemil ringan, Nusa Dua juga punya rekomendasinya untuk Anda. Bedanya kali ini Anda tidak seperti berada di Bali, melainkan berada di Eropa layaknya para raja dan ratu sehari. Yup, jamuan High Tea di King Cole Bar milik The St Regis Bali Resort Nusa Dua memang mengadaptasi langsung tradisi khas Inggris. Di sini Anda tidak hanya disuguhi jamuan teh ala bangsawan oleh pelayan-pelayan bersarung putih, melainkan juga aneka pastry lezat buatan chef Internasional yang disajikan secara prasmanan. Sembari minum teh, Anda akan dihibur oleh alunan musik dari piano klasik, atau tarian tradisional dan atraksi api bila Anda tinggal sampai makan malam. Sempurna, bukan?

9. Bersafari Sambil Foto-Foto

Bersafari bareng binatang lucu dan menggemaskan juga bisa dilakukan di Nusa Dua. Aktivitas yang satu ini bisa dilakukan di laut atau di darat tergantung pilihan dan pengalaman yang ingin Anda rasakan saat berlibur. Bila Anda suka main air, dan ingin merasakan pengalaman berjalan di bawah permukaan laut, maka The Ultimate Seawalker Nusa Dua siap membantu Anda. Aktivitas water sport satu ini memungkinkan Anda bersafari bareng ikan-ikan di kehidupan bawah laut walaupun tidak bisa berenang. Anda akan mengenakan helm khusus seperti astronot sebelum menyelam jadi rambut Anda tidak akan basah. Selain bisa memberi makan langsung ikan-ikan di bawah lautan, Anda juga bisa berfoto dengan latar belakang formasi karang yang menawan.

Di Bali Anda juga bisa bersafari naik unta lo. Kini Anda tidak perlu jauh-jauh ke timur tengah untuk bisa naik unta, karena hewan gurun ini juga bisa Anda temui di Bali. Di Sepanjang pantai Hotel Hilton (Nikko Bali), Nusa Dua Selatan, tepatnya 10 menit dari ITDC area, Anda bisa bercengkerama dengan unta-unta yang sudah terlatih. Unta akan membawa pengunjung berjalan santai menikmati keindahan pantai Sawangan selama 30 – 60 menit tergantung paket yang Anda pilih. Pemandangan pantai berpasir putih di Nusa Dua Selatan yang elok juga bisa Anda saksikan selama perjalanan. Jangan lupa membawa pakaian ganti, tabir surya, swimsuit, dan kamera untuk foto-foto ya!

10. Berbelanja

Jangan lupa berbelanja saat berlibur ke Nusa Dua. Kegiatan yang satu ini tak boleh terlewatkan pasalnya ada banyak orang yang menunggu oleh-oleh Anda sepulang dari berlibur. Salah satu mal yang terkenal di Nusa Dua adalah Bali Collection. Ini adalah sebuah pusat perbelanjaan yang berada di dalam area ITDC Nusa Dua dengan jalan-jalan lebar berpagar pohon yang dilengkapi toko-toko berbangunan rendah, restoran, dan butik. Dengan luas area 8 hektar, mal yang terletak di kawasan wisata ekslusif Nusa Dua ini buka dari jam 10 pagi hingga jam 11 malam.

Ada sekitar 90 gerai fashion, spa, restoran, supermarket, toko buku, outlet kerajinan khas Bali, dan SOGO Department Store di dalam Bali Collection. Terdapat juga ruang terbuka dengan kursi-kursi santai untuk para pengunjung beristirahat saat lelah berbelanja. Bali Collection juga memiliki amphitheater dengan panggung terbuka yang secara teratur menampilkan pertunjukan seni tari tradisional dan kelompok teater dari seluruh penjuru Bali dan Indonesia. Untuk menuju mal ini Anda bisa berjalan kaki dari hotel Anda menginap di area ITDC atau menggunakan free shuttle. Nah, jadi sudah tahu mau beli apa? Selamat belanja!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *