Ini Dia 8 Cara Seru Untuk Menikmati Liburan di Sanur

Bila ada satu daerah di Bali yang menawarkan dua sisi menarik untuk para wisatawan yakni pesona wisata turistik dan suasana yang damai, maka Sanur bisa menjadi juaranya. Terletak persis di sebelah timur Kota Denpasar, Sanur menawarkan nuansa kehidupan pedesaan yang tenang dengan pantai pasir putihnya yang menyenangkan. Selain pemandangan matahari terbitnya yang memikat, Sanur juga memiliki banyak fasilitas penginapan, kafe-kafe keren, dan tempat wisata unik yang gak mainstream.

Seru Untuk Menikmati Liburan di Sanur

Seru Menikmati Liburan di Sanur

Nah, kalau Anda kebetulan ingin berlibur ke Bali, jangan lupa mampir ke Sanur. Tidak usah bingung ingin melakukan apa, karena 8 cara seru ini akan membantu Anda menikmati liburan di Sanur yang sesungguhnya. Bukan cuma sekadar bersenang-senang, pilihan-pilihan aktivitas berikut ini juga bisa menjadi pengalaman berlibur yang tak terlupakan. Check this out !

1. Menanti Matahari Terbit

Kalau pantai Kuta terkenal dengan pemandangan sunset-nya, maka julukan sunrise beach jatuh pada pantai Sanur. Karena lokasinya yang berada di sebelah timur pulau Bali, maka Sanur menjadi lokasi yang tepat untuk menikmati matahari terbit. Sepanjang pantai Bali ini menjadi tempat yang pas untuk melihat matahari terbit, apalagi sekarang sudah dibangun pondok-pondok mungil dan bale bengong untuk duduk-duduk menanti sunrise.

Kalau Anda suka bangun pagi, maka menanti matahari terbit di Sanur ini tentu bisa menjadi agenda liburan yang menyenangkan. Selain terdapat restoran, hotel, kafe dan art shop, sepanjang garis pantai Sanur juga sudah dibangun semacam area pejalan kaki yang terbentang ke arah selatan melewati pantai Shindu, pantai Karang hingga Semawang. Jadi selain menikmati pemandangan pantai di pagi hari, Anda juga bisa sekalian olahraga karena jalur ini sering dipakai jogging oleh wisatawan dan masyarakat sekitar. Asyik, bukan?

2. Menginap di Tepi Pantai

Salah satu cara yang seru untuk menikmati liburan Anda sekeluarga di Sanur adalah dengan menginap di tepi pantai. Pantai Sanur memiliki ombak yang tenang dan siluet matahari terbit yang menakjubkan, dan untuk memaksimalkan pemandangan itu setiap harinya, menginap di tepi pantai adalah solusinya. Ada berbagai jenis akomodasi di tepi pantai Sanur yang dapat disewa dengan harga yang variatif, seperti bungalow, resort, hotel, penginapan atau villa.

Jangan ragukan fasilitasnya, karena entah Anda berusia enam atau enam puluh tahun akomodasi di Sanur tidak akan henti-hentinya memuaskan Anda. Apalah artinya harga sewa yang sedikit kompetitif itu bila dibandingkan pengalaman yang memungkinkan Anda untuk berenang, bersantai, makan, dan bermain di sisi pantai yang pribadi. Villa di sini juga biasanya terinspirasi oleh desa-desa tradisional di Bali, yang menawarkan kamar-kamar di tengah taman tropis dengan kolam renang outdoor dan WIFI gratis. Anda bisa menyaksikan pemandangan matahari terbit sembari menyantap sarapan prasmanan di tepi pantai atau menikmati akses langsung ke pertokoan terbaik Sanur yang bisa dicapai dengan berjalan kaki. Sempurna, bukan?

3. Memacu Adrenalin dengan Olahraga Air Yang Gak Mainstream

Liburan pasti gak seru kalau gak ada tantangannya. Paculah adrenalin Anda dengan mencoba aneka jenis olahraga air yang kini sedang marak di Bali. Karena memiliki ombak yang cukup tenang, maka Pantai Sanur tidak bisa dipakai surfing layaknya pantai Kuta. Tapi jangan khawatir karena Sanur punya olahraga air yang dijamin gak mainstream, yakni seawalking. Aktivitas yang satu ini sudah pasti akan berkesan karena Anda bisa berjalan-jalan di dasar laut tanpa harus membawa tabung oksigen yang berat, bahkan tidak harus bisa berenang. Tua-muda bisa mencoba pengalaman ini, karena helm seawalker bisa dioperasikan dengan mudah tanpa harus takut kehabisan udara dan tetap menikmati keajaiban bawah laut Bali yang kaya.

Meski Sanur tidak memiliki ombak besar seperti pantai-panti di Bali selatan, namun ada cara unik untuk tetap menikmati selancar. Stand Up Paddle atau SUP adalah kegiatan outdoor baru dan perairan Sanur yang tenang jadi tempat yang pas sekali untuk mencoba olahraga ini. Dengan Stand Up Paddle, para pemula dan bahkan anak-anak bisa menaklukkan ombak dengan mudah. Anda bisa mendayung di atas air seperti saat mengendarai kano, hanya bedanya kali ini Anda berdiri di atas papan yang lebih panjang dan lebar. Spot selancar terkenal di Sanur juga menawarkan paddle surfing dan ada sekolah yang bersedia menawarkan kursus sekaligus rental. Nah, bila Anda menginginkan sesuatu yang baru dan seru untuk liburan Anda, olahraga yang membutuhkan kekuatan dan keseimbangan ini bisa jadi latihan fisik yang bagus untuk tubuh Anda. Selamat mencoba!

4. Mengunjungi Tempat Wisata Unik Yang Mendebarkan

Berkunjung ke tempat wisata sudah menjadi tradisi liburan di Bali. Nah, kalau Anda dan teman-teman gemar mendengar cerita-cerita hantu atau penggemar hal-hal yang berbau mistis, spot menarik di sepanjang pantai Padang Galak Sanur ini mungkin bisa menjadi solusinya. Taman Festival adalah taman hiburan luas di Sanur yang pembangunannya terbengkalai. Oleh penduduk lokal, taman yang sudah kosong sejak 14 tahun yang lalu ini disebut sebagai kota hantu. Selain ada kolam buaya yang kosong, atap yang hilang, dan grafiti-grafiti seram, mungkin saja ada makhluk halus yang bisa membuat bulu kuduk Anda meremang. Hiiii…

Kalau Anda ingin ke tempat wisata yang lebih masuk akal dan bahkan bisa memberikan pelajaran berharga tentang pelestarian lingkungan, mungkin Pulau Serangan dapat membantu Anda. Sering disebut sebagai Pulau Penyu, Pulau yang berjarak 20 menit dari Sanur ini juga menawarkan keasyikan berlibur bersama hiu. Bali Sharks adalah program konservasi hiu pertama di pulau ini, di mana pengunjung bisa mengikuti eco tour selama 3 jam termasuk snorkeling kilat bersama para hiu. Kebanyakan hiu karang sirip hitam dan putih yang dipelihara di kandang besar di laut terbuka di tempat ini dibeli dari para nelayan atau diselamatkan setelah terjebak dalam jaring. Nantinya, setelah hiu-hiu itu dinyatakan sehat, mereka akan dilepas kembali ke alam bebas atau habitat aslinya. Sungguh mulia!

5. Mencicipi Sajian Kuliner Yang Beragam
Sanur, seperti kebanyakan daerah pariwisata Bali lainnya, juga merupakan destinasi wisata kuliner yang mengundang selera. Dengan banyaknya restoran-restoran baru yang bermunculan setiap harinya, Sanur menawarkan aneka pilihan makanan lezat, mulai dari makanan mahal di restoran mewah sampai menu lokal di kedai pinggir pantai yang murah. Untuk Anda penyuka makanan bercita rasa barat, di Jalan Danau Tamblingan atau di Jalan By Pass Ngurah Rai banyak terdapat restoran yang akan memanjakan mata dan lidah Anda. Pilihan menunya didominasi masakan barat yang disajikan menarik berlatar tempat yang fotogenik. Jika Anda masih ingin mengonsumsi makanan sehat selama liburan, restoran yang menyajikan menu berbahan organik ala Mediterranean juga tersedia di Sanur. Anda tinggal memesan sesuai selera dan bujet Anda.

Namun, bila berkunjung ke Bali tanpa menyantap kuliner lokal rasanya kurang lengkap. Di sebelah utara Hotel Inna Grand Bali Beach Sanur terdapat warung lokal yang hidangannya menjadi menu wajib wisatawan penyuka seafood. Rasa dan aroma sup ikan buatan Mak Beng, lengkap dengan ikan goreng, nasi hangat dan sambal jeruk purutnya memang terkenal lezat. Warung mungil ini memang sudah legendaris dan banyak dikunjungi artis. Begitu pula dengan Nasi Ayam Men Weti yang terletak kira-kira 50 meter dari bibir pantai Sanur. Satu porsi nasi campur yang terdiri dari satu piring nasi hangat, sayur urap Bali, ayam suwir betutu, pindang sambal tomat, sambal matah, telur pindang rebus, keripik kulit ayam, dan kacang tanah goreng memang terkenal juara cita rasanya. Warung ini buka dari pagi dan siap-siap mengantri 😀

6. Menikmati Warna-Warni Festival

Banyak wisatawan yang sengaja berlibur ke Sanur pada bulan Juli – Agustus dikarenakan adanya festival. Sanur Village Festival (SVF) adalah festival tahunan yang memiliki beragam aktivitas dan biasanya diselenggarakan pada bulan Agustus. Rangkaian kegiatan yang diusung dalam beberapa waktu menampilkan antara lain, festival kuliner, pertunjukan seni musik dan tari, pameran lukis, lomba fotografi, fun games, kids zone, dan berbagai kegiatan olahraga. Bagi Anda yang belum pernah menyaksikan parade layang-layang internasional, mungkin inilah saatnya.

Perhelatan SVF tahun 2017 ini diselenggarakan di pantai Sanur, tepatnya di Maisonette Area Inna Grand Bali Beach Bali, 9 – 13 Agustus 2017. Festival yang sudah berlangsung kedua belas kalinya ini merangkul berbagai komponen masyarakat untuk merayakan keberagaman warga yang dikemas dalam nuansa Indonesia. Rangkaian kegiatan dimulai dengan Sanur International Kite Festival oleh 23 negara tanggal 3 – 6 Agustus 2017. Juga ada pameran foto yang bertajuk “Bhinneka Tunggal Ika” mulai tanggal 4 – 19 Agustus 2017. Rangkaian SVF 2017 akan ditutup dengan kegiatan sport tourism Bali International Triathlon 2017 yang akan berlangsung pada 15 Oktober 2017. Acara yang menggabungkan tiga cabang olahraga atletik, yakni lari, renang dan sepeda ini telah menarik minat lebih dari 1000 peserta dari 30 negara. Sangat meriah, bukan?

7. Melakukan Ziarah Seni ke Museum Le Mayeur

Rasanya belum lengkap bila jalan-jalan ke Sanur tanpa berkunjung ke Museum Le Mayeur. Museum yang terletak di Jalan Hang Tuah, Sanur, ini adalah salah satu obyek wisata seni yang menarik untuk dikunjungi. Bagaikan perjalanan ziarah, pengunjung bisa merasakan indahnya seni lukis peninggalan Le Mayeur, mulai dari kehidupan sang istri Ni Pollok hingga keindahan alam Sanur. Tidak hanya 88 buah lukisan karya Le Mayeur, artefak-artefak bukti kecintaan sang pelukis terhadap istrinya juga bisa ditemukan di berbagai sudut museum.

Lukisan Le Mayeur dibagi menjadi lima jenis koleksi berdasarkan media yang dipakai, yakni bagor, hard boeard, kertas, triplek, dan kanvas. Tak hanya hasil karya Le Mayeur selama tinggal di Bali saja yang dipamerkan, melainkan juga karya impressionis sang pelukis setelah melakukan perjalanan dari Eropa, India, Afrika, Italia dan Perancis. Museum ini memiliki empat ruang dengan fungsi berbeda-beda, termasuk diantaranya ruang tamu, perpustakaan, studio lukis dan kamar tidur Le Mayeur dan Ni Pollok. Selepas Le Mayeur dan istrinya wafat, museum ini berada di bawah pengelolaan Dinas Kebudayaan Provinsi Bali dengan jam buka setiap hari kecuali hari libur nasional.

8. Membawa Pulang Oleh-Oleh Khas Bali

Aktivitas belanja tentu tidak boleh dilupakan saat berlibur ke Sanur. Mulai dari pantai matahari terbit yang terkenal, pengalaman otentik khas lokal, sampai pasar tradisional, semuanya ada di Sanur. Terletak di Jalan Danau Tamblingan, Pasar Sindhu merupakan destinasi yang tengah naik daun di Bali. Di pasar ini wisatawan bisa membeli aneka barang dan souvenir buatan pengrajin lokal, serta tak ketinggalan mencicipi jajanan khas Pulau Dewata. Pasar ini terutama sangat ramai menjelang petang dan menjadi spot wisata kuliner yang banyak diminati saat malam.

Masih di Jalan Tamblingan Sanur, Alas Arum Agung Sanur mungkin bisa menjadi tempat belanja Anda selanjutnya. Sebuah supermarket yang berada di pusat kota Sanur ini menawarkan beragam produk unggulan kebutuhan sehari-hari, benda kerajinan khas daerah setempat, barang-barang impor, buah-buahan tropis dan masih banyak lagi. Di sini Anda juga bisa mendapatkan berbagai barang rumah tangga, fashion dan pernak-pernik khas Bali untuk oleh-oleh bagi sahabat dan keluarga dekat. Meskipun di tempat ini Anda tidak bisa menawar karena harganya sudah pas, jangan khawatir, sebab rata-rata harga di sini dibanderol cukup masuk akal sehingga sangat terjangkau.

Beralih ke Jalan Mertasari, Anda juga bisa membawa pulang perlengkapan rumah tangga indah yang dibuat oleh seniman lokal di Kevala Ceramics. Dengan keberadaan toko-toko yang tersebar di Ubud, Seminyak, Nusa Dua, Karangasem, Batu Bulan, Uluwatu dan Sanur, sudah bisa dipastikan bahwa produk Kevala banyak diminati dan layak dikunjungi. Liburan Anda akan sangat berkesan bila oleh-olehnya adalah aneka perabot rumah tangga dari Kevala Ceramics yang berkualitas dan berkelas. Nah, sudah tahu kan mau beli apa? Selamat berlibur!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *